https://smkbinusademak.sch.id/wp-content/uploads/2017/11/1-6.jpg
belajar program adruino dasar

Beberapa hal dasar yang bisa dipelajari dari program satu ini.dalam memahami program arduino Uno,anda bisa mengolah data-data sensor dengan lebih mudah,juga melakukan kembali pada perangkat yang bergerak seperti servo,motor,sensor ultrasonik,dan perangkat lainnya.

Banyak pemula yang ingin belajar mengenai konsep dan materi tentang robotika serta elektronika memulai dengan mempelajari dan belajar program arduino Uno.

Sebelum belajar program Arduino Uno untuk pemula dan mengenal fungsi-fungsi di dalamnya serta beberapa variabel yang mudah dipahami.

Apa itu arduino Uno?

Pada dasarnya arduino adalah sebentuk papan elektronik singe board turunan wiring platform yang mempunyai basis sistem terbuka (open source) baik dengan perangkat keras maupun lunak.

Hardware arduino memiliki prosesor Atmel AVR, sementara softwarenya telah memiliki bahasa pemrograman tersendiri.papan elektronik ini sengaja dirancang secara khusus untuk melakukan berbagai kegiatan komputasi agar dapat berinteraksi lebih dekat dengan dunia nyata dibandingkan kemampuan komputer biasa.

Arduino ini merupakan sebentuk sirkuit elektronik open source dengan skema bebas yang bisa dilihat ataupun di replika oleh siapa saja . karena hal inilah banyak nama-nama baru bermunculan dari pengembangan arduino asli.contohnya arduino Uno ,arduino Mega,arduino Nano,arduino Mini, arduino Yun,dan tentu saja masih banyak nama lainnya yang beredar dipasaran maupun di toko elektronik.

Dari sekian jenis arduino yang ada , arduino Uno lah yang merupakan versi paling dasar dan cocok digunakan untuk pemula untuk mempelajari program arduino.

Fungsi apa saja yang terdapat pada arduino?

Di dalam arduino sendiri terdapat beberapa fungsi yang tersedia untuk berbagai kebutuhan.yang dimaksud dengan fungsi disini adalah sebuah blok statement yang dibuat untuk melaksanakan tugas tertentu ,fungsi ini bisa diaplikasikan dilebih dari 1 kali didalam program yang tengah dikerjakan.perhatikan list fungsi yang tertera dibawah ini.

Void setup( )

Fungsi ini memungkinkan anda untuk membaca semua kode program yang ada di dalamnya melalui arduino.fungsi ini berisikan beberapa kode printah yang akan menentukan fungsi sebuah pin.

Void loop( )

Merupakan fungsi untuk membaca kembali melalui arduino secara terus menerus dan berulang pada kode program yang tadinya telah diproses oleh void setup.proses pembacaan ini akan terus berulang hingga arduino di reset ataupun dimatikan.void loop ini berisikan kode perintah untuk ditunjukkan pada pin input dan output yang ada pada arduino

pinMode( )

Sebuah jenis fungsi yang memiliki fungsi untuk mengkonfigurasi secara spesifik apa saja fungsi dari sebuah pin,serta kegunaannya.contoh penggunaan fungsi pinMode

pinMode(0,INPUT); //Hal ini mengindikasikan konfigurasi pin 0 sebagai pin input.

pinMode(13,OUTPUT); //berarti pin 13 berfungsi sebagai pin OUTPUT.

digitalRead( )

Fungsi yang bisa digunakan sebagai media untuk membaca nilai digital yang tampil dalam wujud lebih spesifik dan mengklasifikasikannya ke dalam katagori HIGH dan LOW.

digitalRead(0); // mengindikasikan nilai digital dari pin 0 arduino.

digitalWrite( )

Dimanfaatkan untuk menulis ataupun memberikan nilai tiap pin digital yang ada secara detail dan spesifik.

digitalWrite(13,HIGH); //hal ini berarti fungsi ini memberikan nilai digital HIGH pada pin 13 arduino.

digitalWrite (12p,LOW); //artinya fungsi memberikan nilai digital berupa LOW pada pin 12 arduino

Delay( )

Digunakan agar bisa memberikan tambahan waktu penundaan (dalam satuan milisecond)untuk mengerjakan baris program dari yang pertama ke baris program selanjutnya.

Delay(500); //fungsi memberikan waktu penundaan sebanyak 500 milisecond atau sama dengan 0,5 detik untuk mengambil jeda sebelum memproses printah baris program selanjutnya.

Serial.print( )

Merupakan sejenis fungsi yang digunakan untuk menampilkan teks ataupun nilai pada sebuah sensor yang terdapat pada serial monitor.

Serial.print(“Hello Word”); // berfungsi untuk menampilkan frasa hello world

Serial.print(“nama sensor “) //berfungsi untuk menampilkan nilai sensor yang telah dikenali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *