https://smkbinusademak.sch.id/wp-content/uploads/2017/11/1-6.jpg
cara sharing folder komputer

Pada artikel ini kita akan membahas cara sharing file / folder antar komputer windows. Tapi sebelum kiota bahas.kita akan membahas dulu apa pengertian dari sharing file. Sharing file adalah aktivitas yang dimana para pengguna internet dapat berbagi dengan pengguna internet lainnya, dan dengan cara menyediakan file terlebih dahulu kemudian upload file computer server, dan kemudian para pengguna internet lainnya dapat mendowload file tersebut fari computer server.

Nah selain itu fungsi sharing jaringan bisa juga dengan seperti berikut:

  1. Bisa juga sebagai alat untuk membagi sumber daya, misalnya membagikan printer, cpu, memori, dan juga harddisk.
  2. Sebagai sarana untuk berkomunikasi, missalnya e-mail, instant mesagging, dan juga bisa chatting.
  3. Yang ketiga juga bisa digunakan untuk mengakses informasi, misalnya digunkana untuk web browsing.
  4. Yang ke empat bisa untunk menghemat uang misalnya, printer, dengan adnya sebuah jaringan computer satu printer dapat digunakan dengan menggunakan lebih dari satu computer
  5. Yang kelima atau yang terakhir dengan reliabilitas yang tinggi. Misalnya salah satu computer rusak lalu data yang ada didalamnya hilang, maka data tersebut masih dapat digunakan lagi di computer lain yang menyimpan data tersebut.

Setelah kita membahas bagaimana tentang pengertian dan fungsi dari sharing file, sekarang kita kembali ke tema atau pokok pokok yang akan kita bahas. Berikut adalah cara sharing

  1. Atur pengaturan network sharing pada computer anda

Sebelum kalian memulai proses file sharing atau berbagi file antar computer. Kalian harus mengatur dulu pengaturan network sharing pada laptop anda. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka control panel pada computer windows kalian.
  • Pilih network and sharing center
  • Klik tulisan ”change advanced sharing settings’’ pada bagian kiri layar
  • Pada jendela “advanced sharing setting’’ , cari profil yang sedang anda pakai. Ada 2 profil yang tersedia, yaitu home or work dadn juga piblik dan bagaimana cara mengetahuinya anda cukup melihat profil yang terdapat kalimat current profile.

Pada bagian ini anda akan dihadapkan pada beberapa kategori pengaturan.

  • Network diskoveri biasanya ketika dinyalakan computer yang terhubung pada suatu jaringan akan mencari perangkat lain yang terhubung pada jaringan yang sama. Begityu juga dengan computer lain yang mungkin bisa menemukan computer kalian dalam sebuah computer yang kalian pakai pilihan ini berfungsi untuk mengatur apakah computer kalian bisa di temukan oleh computer lain.
  • File and printer sharing. Pengaturan ini harus dinyalakan jika anda hendak atau ingin berbagi file atau sharing antar computer. Pilih turn on file and printer shaaring
  • Public folder setting ketika pengaturan ini di aktivkan, Anda bisa berbagi file melalui folder public pada computer dengan computer yang lain folder public inni juga digunakan oleh semua komputer yang terhubung dalam suatu jaringan yang kalian gunakan untuk saling akses data dalam komputer kalian. Untuk kalian ada yang harus kalian ketahui dan untuk di perhatikan dari cara sharing antar komputer tersebut. Kalian jangan mengaktifkan pengaturan ini jika kalian berada dalam jaringan umum. Kecuali jika anda percaya akan keamanan jaringan tersebut . jika kalian berada di dalam jaringan rumah atau kantor, kalian boleh mengaktifkan pilihan ini.
  • Media streaming. Pengaturan ini di bolehkan untuk anda buat mengakses file multimedia seperti gambar, video dan music dengan menggunakan software windows media player. Untuk mengubah pengaturan, klik “choose media streaming options’’.
  • File sharing connection, fungsi dalam pengaturan ini untuk enkripsi koneksi pada jaringan yang sedang aktif. Windows secara default telah mengatur enkripsi 128-bit. Jika ada anggota jaringan anda yang masih menggunakan enkripsi 40 atau 56 bit, sebaiknya pilih “…that use 40 or 56-bit encryption’’.
  • Password protected sharing pengaturan ini mengharus kan untuk orang lain yang hendak mengakses file atau data dokumen yang telah kalian bagikan untuk mempunyai user name dan password, dimana keduanya tersebut dibuat di dalam kokmputer kalian.
  • Home group connection. Secara default, windows telah mengatur home group agar mempunnyai password yang sama pada setiap kmputer yang sudah tergabung. Namun hal tersebut tidak di rekomendasikan untuk untuk keamanan. Oleh karena itu, pilih “Allow windows to manage home group connections’’.

Nah itulah cara sharing file / folder antar komputer windows, dan mungkin jika ada salah kata mohon maaf. Jika kalian punya ide atau saran tentang cara sharing file antar komputer kalian bisa kome di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *