dasar ilmu elektronika industri

Apa itu elektronika industri?

Elektronika Industri adalah salah satu jurusan yg mempelajari berbagai macam elektronika. Di sana kita akan di bekali dengan keahlian dasar elektronika, komponen-komponen elektronika, dioda dan kapasitor, rangkaian penyearah, aplikasi Transitor dalam rangkaiam elektronika dan masih banyak lagi.

Untuk awal mula, kita akan membahas arus AC dan DC. Di dunia elektronika, ada dua macam arus listrik yaitu arus AC dan arus DC.

Apa itu arus AC?

Arus AC atau AlternatinCurrent biasa di sebut arus bolak balik. Arus AC merupakan arus yg arah nya selalu berubah-ubah dan bolak balik. Arus AC akan membentuk gelombang sinus atau sisnusoida. Di Indonesia listrik di produksi oleh PT.PLN, dan biasanya setiap rumah di Indonesia memiliki listrik dengan frekuensi 50hz dan tegangan 220 volt (1 fasa) atau 380 volt (3 fasa). Semua benda yg memerlukan listrik berarti memanfaatkan arus AC.

Apa itu arus DC?

Arus DC adalah kebalikan dari arus AC. Arus DC adalah arus listrik yang sudah di searah kan. Ada aliran elektron dari benda yg memiliki pontensial tinggi ke benda yg memeliki potensial rendah. Arus AC di searah kan menggunakan rangkaian penyearah akan menciptakan output berupa arus DC. Contoh pemanfaatannya yaitu charger handphone atau laptop, motor listrik, dan masih banyak lagi.

Setelah memahami arus AC dan DC, kita harus memahami apa itu dioda dan kapasitor.

Kapasitor

Kapasitor adalah komponen listrik yang dapat menyimpan muatan listrik. Ada banyak jenis kapasitor, namun yg sering ada di pasaran yaitu:

  • Kapasitor elektrolit, biasa di sebut dengan ELCO karena kapasitor ini memiliki 2 buah kaki, kaki panjang sebagai positif, dan kaki pendek sebagai negatif. Dan memiliki kapasitansi paling kecil 47 mikro farad hingga ribuan farad
  • Kapasitor keramik, memiliki bentuk bulat pipih. Kapasitor ini tidak memiliki polaritas, sehingga pemasangan kaki dapat di bolak balik.
  • Kapasitor polyster, kapasitor ini terbuat dari bahan isolator, yaitu polyester. Jenis kapasotor ini tidak memiliki polaritas
  • Kapasitor mika, kapasitor ini juga tidak memiliki polaritas, sehingga terminal terminal kapasitor ini tidak memiliki polaritas.
  • Dll

Dioda

Dioda adalah komponen listrik yg umunya memiliki 2 kutub, yaitu Anoda dan Katoda. Dioda memiliki prinsip kerja p-n semikonduktor, yaitu mengalirkan listrik dri tipe-p (anoda) ke tipe-n (Katoda). Jenis jenis dioda yang ada di pasaran:

  • Dioda Normal, dioda yang berfungsi untuk menyearah kan arus AC ke arus DC
  • Dioda Zener, dioda ini berfungsi untuk pengaman rangkaian sekaligus untuk pensatabil tegangan.
  • Dioda LED, dioda ini digunakan sebagai lampu indikator88 atau lampu penerangan.
  • Dioda Photo, dioda ini adalah dioda yang digunakan untuk sensor cahaya.
  • Dioda Schottky, dioda ini adalah dioda yang berfungsi sebagai pengendali.

Setelahh kita cukup paham dioda dan kapasitor. Kita juga harus memahami Transistor dan Resistor.

Transistor

adalah alat semikonduktor yang di pakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus, pemyambung arus, stabilitas tegangan, dan modulasi sinyal. Transistor memiliki 3 buah kaki yaitu, basis, kolektor, emitor.

Fungsi dari transistor yaitu memperkuat arus listrik yang masuk ke dalam rangkaian.

Transistor memiliki 2 jenis, yaitu:

  • Transistor NPN, NPN adalah singkata dari Negatif Positif Negatif, transistor ini akan aktif saat kaki basis mendapatkan tegangan listrik negatif.
  • Transistor PNP, PNP adalah singkatan dari Positif Negatif Positif. Transitor ini akan bekerja saat kaki basis nya mendapatkan tegangan listrik positif.

Resistor

adalah komponen listrik pasif yang berfungsi untuk menghambat serta mengatur aliran listrik dalam rangkaian. Satuan resistor adalah OHM.

resistor juga ada banyak jenisnya:

  • Fixed Resistor, resitor yang nilai resistansinya tetap dan tidak berubah ubah.
  • Variable Resistor, resistor yang nilai resistansinya dapat diubah sesuai keinginan kita.
  • Thermal Resistor, resitor yang nilai resistansinya di pengaruhi oleh suhu.
  • LDR, Resistor yang nilai nya di pengaruhi oleh cahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *