perbedaan hdd dan ssd

Ssd adalah singkatan dari solid state drive atau solid state disk,. Pengertian dari ssd adalah perangkat pennyimpanan data yang menggunakan serangkaian IC sebagai memori yang digunakan untuk penyimpanan data atau informasi.

Perangkat ssd ini menanamkan sebuah chip memori berbasis silicon sebagai media penyimpanan untuk menulis dan membaca sebuah data persisten. Perangkat ini juga dikenal sebagai flash drive atau kartu flash. Cara menggunakan perangkat ini dengan cara memasukan ke dalam slot di computer server – di sebut sebagai penyimpanan flash server – side – atau sebagai bagian dari system penyimpanan flash.

Ssd ini dianggap sebagai versi canggih dari USB flash drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar dan berfungsi sebagai pengganti hardisk yang selama ini digunakan pada perangkat computer. Jadi ssd bisa di sebut sebagai alat perangkat elektronik yang berfungsi menyimpan data hardisk (hdd) namun kontruksinya seperti USB flash drive yang tersusun dari beberapa IC sebagaio memori.

Seperti halnya usb flash drive pun tidak memiliki komponen yang bergerak didsalam nya. Data hanya di simpan didalam microchips. Berbeda dengan hardisk yang memiliki lengan mekanik ynag bergerak kesana kemari untuk menulis dan membaca data di atas piringan magnetic. Perbedaan ini membuat ssd bekerja jauh lebih cepat dari hardisk.

Hardisk (hdd) bergerak secara mekanik untuk mengambil dan menyimpan data atau informasi sedang kan ssd bergerak secara elektrik untuk menyimpan dan mengambil data atau informasi. Dan tentunya ssd bekerja lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

Pada umumnya ssd menggunakan apa yang di maksut flash memori berbasis NAND. Dan ini merupakan jenis memopri non volatile. Non volatile berarti memori tersebut tetap bisa menyimpan data walaupun tegangan suplai nya dimatikan. Dan ini merupakan prinsip dasar dari sebuah memori permanen sperti halnya usb flash drive.

Pada awalnya banyak yang masih meragukan ketahananan data yang tersimpan dalan memori jenis ini. Dan merkea pun beranggapan data hanya tersimpen untuk beberapa tahun aja. Dan ddata akan lenyap jika disimpan lebih lama lagi. Namun kenyataannya tidak disimpan lebiih lama lagi. Namun kenyataannya tidak demikian apalagi dengan teknologi yang terkini. Data bisa tersimpan dengan aman hingga 200 tahun.

Selama ini hardisk atau yang sering kita sebut dengan hdd telah menjadi standar media penyimpan untuk PC desktop maupun laptop. Dan seiring dengan perkebhangan teknologi ini media penyimpan pun ikut berkembang. Sekarang yang sedang banyak bicarakan ialah SSD, yang merupakan pengembangan dari teknologi HDD.

SSD itu pada dasarnya sama seperti HDD. Hanya saja ini tidak tersimpan pad lapisan lapisan magnetic layaknya HDD. SSD menyimpan semua data yang ada pada chip chip memori flash yang saling terhubung dengan satu sama lain. Flash memori ssd jelas berbeda dengan yang digunakan pada flahdisk dalam hal type dan kecepatan. Chip flas memori pada ssd memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada flashdisk. Dengan kapasitas yang sama, harga ssd jauh lebih mahal dari flashdisk.

HDD merupakan kependekan dari atas pririnngan, motor dan lengan yang terhubung dengan piringan. Proses penulisan dan pembacaan data dilakukan dengan melalui proses mekanik di mana piringan diputar oleh motor dan ujung dari lengan yang terhubung dalam komponen elektronik yang mengolah ( baca dan tulis) data, menempel pada piringan yang berputar dan melakukan aktivitas penulisan dan pembacaan sebuah data.

Dan secara umum proses pengolahan data HDD dilakukan atau terjadi karena sinergi antara aktivitas mekanik dan elektrik. SSD dalam memproses data, menulis dan membaca data yang tidak didukung oleh prosese mekanik dan elektonik, dalam SSD tidak ada komponen data mekanis sperti motor dan lengan serta piringan yang berputar.

Pada SSD yang yang hanya terdapat komponen elektronik seperti intergrated circuit atau biasa di sebut dengan IC, micro chip dan komponen elektronik pendukung lainnya sepereti kapasitor. Semuanya di proses dengan pembacaan dan penulisan data yang dilakukan secara elektrik sama seperti proses yang terjadi padda flashdisk dan memori ram

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan dan jelaskan tentang pengetahuan tentang SSD dan HDD, dan jika masih ada salah kata atau pengertian kalian bisa juga bantu saya membenarkan nya dengan cara komen di bawah ini. Dan sekian terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *