https://smkbinusademak.sch.id/wp-content/uploads/2017/11/1-6.jpg
sejarah perkembangan printer

Printer adalah alat untuk mencetak document yang berisi tulisan atau juga sebagai alat meng copy suatu tulisan dari kertas lain dan juga printer termasuk perangkat keras computer. Printer juga merupakan alat percetakan yang digunakan di kantor-kantor atau instansi, alat ini juga dapat kita gunakan setiap saat jika kita membutuhkannya.

Teknik cetak ini digunakan secara konversional di Cina pada abad ke-14. Inovasi ini dilakukan karena pada saat itu tradisi penulisan sangat berpengaruh besar. Tetapi, perkembangan di Cina tak sehebat perkembangan Eropa. Sejarah ini di awali terobosan pada tahun 1440 oleh Johannes Gutenberg, dia adalah seorang pengusaha dari Mainz, Jerman. Johannes ini menciptakannya berawal dari cetakan logam yang terbuat dari timah. Percetakan oleh Johannes ini kebanyakan menggunakan penggabungan beberapa teknologi yang ada di Asia Timur seperti kertas, balok kayu dan percetakan yang mungkin dapat di pindahkan. Metode ini dapat bertahan sampai 500 tahun lamanya.

Mesin Pertama yang diciptakan oleh Johannes Gutenberg

Seiring berjalannya waktu, teknologi printer terus berkembang pesat. Paska perang dunia ke II di awal tahun 1950-an. Pada masa ini inovasi-inovasi baru dikembangkan. Printer dalam Bahasa Indonesia adalah pencetakan ( alat cetak ), printer adalah sebuah perangkat keluaran atau output dan nama lainnya adalah komponen hardware yang berfungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan di media cetak kertas. Istilah resolusi pada printer adalah DPI ( Dot Per Inch ) yaitu jumlah titik yang dihasilkan dalam satu inci luas area sebuah printer. Semakin tinggi resolusinya semakin bagus hasil pencetakan-Nya. Ada printer inkjet yang sampai menawarkan resolusi 1200×1200 DPI, ada juga yang sampai 5760×1440 DPI.

Printer juga perkembangan nya sangat pesat saat itu dan sama halnya output dan input computer lainnya. Dan perkembangnya juga tetap pesat sampai saat ini karena sudah menggunakan jaringan PAN seperti yang saya jelaskan di artikel sebelumnya. Evolusi printer tetap dilakukan untuk meningkatkan kualitasnya dari segi ukuran, kecepatan, harga, kualitas, ketajaman warna, maupun teknik pengoperasiannya. Dibawah inii adalah printer berdasarkan kualitas atau teknologinya, yaitu

  • Printer Daisy Wheel

Printer jenis ini menggunakan huruf yang disusun oleh piringan printer. Cara kerja printer ini sangat lambat dan tidak lebih cepat karena menggunakan teknologi listrik biasa, tetapi printer ini dapat mencetak huruf dengan kualitas yang sangat bagus. Kelemahan dari printer ini adalah tidak dapat mencetak gambar atau grafis.

  • Printer Dot Matrix

Head printer dari jenis printer ini terdiri dari 7, 9, atau sampai 24 jarum tersusun secara vertical. Pembentukan karakternya melalui jarum-jarum yang akan membentuk sebuah gambar pada karbon dan kertas. Printer jenis ini dikelompokkan ke dalam Character-Printer. Kecepatan pada printer ini tergantung pada jenisnya, pada jenis terkenalnya yaitu Epson LX-80 dengan kecepatan cetak 80 per detik.

Setiap katakternya membentuk pola yang sangat unik didalam matrix-nya , bentuk doc-matrix Nya sangat bervariasi ada yang menggunakan color ( warna ) dan non-color ( tidak berwarna ). Untun printer color menggunakan pita karbon khusus yang mempunyai 4 warna yaitu hitam, biru, merah, dan kuning.

  • Ink-Jet Printer

Printer jenis ini lebih banyak digunakan hingga sekarang ini. Proses pencetakan menggunakan semprotan tinta dengan media cetak yang dapat memberikan karakter gambar yang di ingingkan, dari jenis printer ini tidak menimbulkan suara bising tidak seperti printer-printer sebelumnya. Minimal resolusi yang dibuat adalah 300 DPI dan hasil cetakannya lebih bagus dan akurat. Kelemahan printer ini adalah tidak bisa mencetak gambar secara rangkap atau ganda pada waktu yang bersamaan.

  • Line-Printer

Kemampuan printer ini adalah dapat mencetak satu baris atau line kata-kata dalam satu momen. Kecepatan printer sangat tinggi karena ukurannya dan teknologi pengngeprintnan-nya tidak begitu besar. Huruf-huruf yang dihasilkan juga tidak cukup memuaskan tetapi untuk kualitas kecepatan mencetak huruf sangat memuaskan.

  • Printer Digital

Beberapa waktu lalu ada jenis printer yang keunggulan dalam hasil foto kamera sangat terbatas dalam jasa cetaknya. Dan kualitas cetak hasil fotonya kurang maksimal. Tetapi sekarang banyak model-model printer terbaru untuk membuat hasil foto digital tanpa adanya kabel tetapi menggunakan jaringan wireless tetapi kita juga membuatuhkan printer yang dapat dihubungkan dengan PC.

  • All in One Printer

Adalah jenis printer yang saat ini mempunyai banyak fitur dan kualitas yang dicari para pekerja kantor karena banyak kegunaaan dengan menghasilkan gambar yang sangat berkualitas. Pada fitur unggullannya dapat mencetak dan mengeprint gambar. Printer ini dapat menggunakan jaringan wireless maupun kabel dengan resolusi gambar yang tinggi sehingga dapat mendukung pekerjaan dengan hasilnya yang sangat memuaskan. Namun harga printer ini cukup mahal karena fitur dan kualitasnya yang sudah sangat terjamin.

Itulah tentang printer dan juga perkembangannya dari artikel ini kita dapat belajar kualitas dan fitur printer dari masa ke masa semakin bagus dan terjamin kualitasnya. Jika anda mempunyai saran atau kritik silahkan isi kolom komentar dibawah.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *