sejarah perkembangan teknologi handphone

Handphone kini sudah berkembang pesat dengan nama baru yakni Smartphone. Smartphone atau telepon pintar adalah salah satu alat komunikasi yang penting bagi masa sekarang, karena ukurannya yang sangat kecil dan berteknologi canggih. Namun dibalik itu semua ada beberapa tahap smartphone berkembang pesat. Sejarah ini dimulai pada tahun 70-an tepatnya pada tahun 1973. Martin Cooper adalah salah satu tokoh penting pembisnis telekomunikasi dari Amerika Serikat. Benda canggih ini muncul pertama kali di New York, merk handphone pertama kali digunakan oleh Martin Cooper yaitu Motorola DynaTAC. Berbeda dengan ponsel-ponsel saat ini, Motorola DynaTAC berukuran sangat besar sehingga saat dibawa tidak bisa secara fleksibel ketika dibawa yang beratnya sampai 1 Kg.

Masuk ke 10 tahun kedepan yaitu tahun 80-an, tepatnya tahun 1983 kembali muncul Handphone atau ponsel jenis baru yang ukuran dan beratnya lebih ringan dan bagus yaitu nama merknya adalah Motorola DynaTAC 8000X secara resmi rilis. Baterai yang disisipkan di ponsel ini hanya bisa beroperasi sampai 8 jam lamanya< harganya pada saat itu cukup mahal. Kemudian Motorola ini terus melakukan update dan riset pada ponsel ini hingga rilis lah ponsel terbaru yaitu dengan nama MicroTAC 9800X yang lebih nyamman dan ringan ketika dibawa berpergian. Tetapi untuk speksifikasinya ponsel ini mengalami penurunan pada baterai karena hanya bisa bertahan sampai 30 menit saja, dan juga ketahanannya juga sangat buruk, tetapi pada masa itu MicroTAC sangat disambut hangat oleh masyarakat dan juga memiliki ciri khas yaitu mempunyai antenna yang berasal dari bahan plastic hanya untuk mempercantik bentuknya dan tidak memiliki fungsi apapun.

Dibandingkan dengan ponsel era 70-an dan 80-an, ponsel era 90-an pun sudah muncul dan lebih canggih dan bisa secara fleksibel ketika dibawa. Perkembangan dan pembaharuan pada ponsel ini terus dilakukan sehingga bisa mempunyai kegunaan yaitu melakukan panggilan telepon. Selain itu tepatnya pada tahun 1992 muncullah pembaharuan bisa mengirim SMS dan di tahun 1992 ini ponsel dinamai dengan Hanphone atau Telepon pintar yang pertama didunia. Kemunculan handphone ini mengalahkan kejayaan ketika ponsel pertama yaitu Mitorola pada saat jaya-jayanya. Hanphone itu ber-merk Nokia 3210 yang paling laris dipasaran. Tak butuh waktu yang lama ponsel ini langsung terjual habis dipasaran padahal ada 160 juta lebih perangkat nokia ini disebarkan, dan masyarakat Indonesia juga ikut meramaikan perilisan Nokia 3210.

Istilah Smartphone atau telepon pintar semakin popular di era ini yaitu di era 2000-an. Kemunculan smartphone J- SH04 semakin menarik perhatian masyarakat, karena smartphone ini untuk pertama kalinya memiliki fitur untuk menangkap gampar atau namanya camera. Setelah munculnya smartphone ini kembali liris lagi dengan smartphone yang lebih canggih lagi yaitu Blackberry 5810. Berbeda dengan ponsel sebelumnya, kemunculan telepon ini sudah mempunyai fitur memliki internet dan dapat terkoneksi dengan jaringan internet. Di tahun ini muncullah smartphone mahal yaitu Apple atau merk iPHone ini sangat disambut baik oleh masyarakat mengah keatas, bagaimana tidak smartphone ini sudah memiliki fitur layar sentuh dan sebelum smartphone ini semua menggunakan konsep keypad atau tombol ketikan.

Kemunculan iPhone ini pada tahun 2007 dan bisa mengakses jaringan 3G. dengan adanya koneksi jaringan 3G ini iPhone sudah dinikmati sekali, dan tak berselang lama iPhone mengupdate dengan merubah system operasinya menjadi iOS dan datanya system operasi Android. Dengan adanya system operasi android inilah banyak sekali merk berbondong-bondong menggunakan system operasi ini.

Pada akhirnya smartphone yang baru semua rilis dengan menggunakan system android ini, hingga persaingan blackberry pun dikalahkan dengan system ini. Di era ini juga muncullah jaringan yang semakin tinggi yaitu jaringan 4G. penggunaan jaringan ini sangat mendukung karena kecepatan mengakses internet lebih cepat dari pada saat rilisnya jaringan 3G, dan sayangnya jaringan 4G ini hanya bisa diakses oleh smartphone tertentu saja.

Selain mengalami peningkatan jaringan dan fitur layar sentuhnya, smartphone terbaru akhir-akhir ini mengalami peningkatan pada fitur lainnya seperti baterai yang awet, kamera yang semakin tajam, fast charging ( peengisian baterai yang cepat ) kapasitas ROM ( Memory ) dan RAM, hingga spek pada processornya.

Itulah sejarah perkembangan teknologi handphone dari masa kemasa dan mengalami peningkatan yang sangat pesat hingga saat ini. Mungkinkah kedepannya smartphone bisa mempunyai fitur transparan?? Kita tunggu saja. Jika anda memilik kritik atau saran yang kurang dari artikel ini silahkan isi di kolom komentar!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *