Jurusan SMK yang Cocok untuk Siswa Perempuan

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memberikan pilihan jurusan yang sesuai dengan iklim industri saat ini yang selalu bergerak dinamis. Siswa bebas memilih jurusan sesuai dengan minat dan keinginan untuk mewujudkan cita- citanya nanti. Baik siswa laki- laki atau perempuan, memiliki hak yang sama untuk memiliki prospek kerja yang menjanjikan dalam dunia usaha dan dunia industri.

Siswa laki- laki biasanya akan memilih ke jurusan yang berbau otomotif, seperti teknik kendaraan ringan otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), teknik alat berat, teknik elektronika industri, teknik audio video, dan sebagainya. Siswa perempuan juga akan cenderung memilih ke jurusan yang cocok dengann jati dirinya, meskipun beberapa jurusan yang dominan laki- laki juga diisi oleh siswa perempuan.

Nah, jurusan SMK apa saja yang cocok untuk kaum perempuan, berikut daftarnya,

1. Tata Boga

Tata Boga merupakan kompetensi Keahlian di bawah program keahlian kuliner dari bidang keahlian Pariwisata. Dengan berkembangnya industri pariwisata yang kian pesat saat ini, maka bisnis kuliner juga akan selaras sehingga membutuhkan ahli yang terampil dalam bidang tersebut. Jurusan Tata Boga memberikan keterampilan dalam bidang bidang pengolahan dan penyajian makanan, Produk pastry dan bakery, cake dan kue serta produk wirausaha mandiri. Meskipun jurusan ini didominasi oleh kaum hawa, ternyata jurusan ini juga diminati juga oleh siswa laki- laki meskipun jumlahnya sedikit. Siswa lulusan memiliki peluang untuk bekerja dalam industri kuliner seperti katering, hotel, restauran, rumah sakit, dan sebagainya.

2. Perhotelan

Berdirinya hotel- hotel baru yang menopang industri pariwisata secara langsung akan berdampak pada serapan tenaga terampil dari SMK. Jurusan perhotelan di SMK menitikberatkan siswa yang berkompeten dalam bidang perhotelan seperti keterampilan housekeeping, front office, FB service dan laundry. Biasanya SMK yang membuka jurusan ini akan bekerja sama dengan hotel- hotel terkemuka baik lokal maupun internasional sehingga siswa juga akan diajarkan keterampilan dalam berbahasa asing saat bersekolah. Meskipun jurusan ini kebanyakan juga diminati oleh siswa laki- laki meskipun dominan oleh siswa perempuan. 

3. Tata Kecantikan Kulit dan Rambut

Inilah jurusan yang semuanya diminati oleh siswa perempuan. Jurusan ini memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada para peserta didik di bidang kecantikan kulit, kecantikan rambut sekaligus membekali mereka dengan kewirausahaan. Perkembangan industri dan usaha ini juga lumayan pesat, dengan banyak berdiri salon- salon kecantikan atau beauty clinic di Indonesia yang tentunya membutuhkan tenaga yang kompeten dalam bidang ini. 

4. Bisnis Daring dan Pemasaran

Perkembangan industri ini lumayan pesat seiring berkembangnya teknologi dalam genggaman. Sistem konvensional pemasaran akan berubah menjadi sistem modern. Karenanya diperlukan siswa lulusan yang memiliki skill dalam bisnis daring dan pemasaran. Siswa dapat bekerja dalam startup- startup penjualan daring atau mengelola usaha sendiri.

Farmasi Industri

Kebutuhan akan tenaga menengah bidang farmasi industri akan terus meningkat mengingat jumlah industri obat, obat tradisional dan kosmetik jumlahnya cukup banyak. Jurusan ini banyak diminati oleh siswa perempuan meskipun pada beberapa sekolah para siswa laki- laki juga banyak bberminat pada jurusan ini.

6. Caregiver

Jurusan ini diminati seiring dengan kebutuhan tenaga pengasuh dan pendamping atau caregiver lansia baik didalam negeri maupun diluar negeri saat ini tergolong sangat tinggi. Program caregiver memiliki masa studi  selama  empat tahun. Jurusan yang membutuhkan ketelatenan, keuletan dan kesabaran ini sangat cocok untuk siswa perempuan.

7. Usaha Perjalanan Wisata

Kompetensi keahlian ini ada dalam rumpun program keahlian perhotelan dan jasa pariwisata. Bidang pariwisata yang sekarang ini sedang digalakkan mendorong munculnya usaha-usaha pariwisata sehingga sumber daya yang terampil akan sangat dibutuhkan. Jurusan ini cocok dengan siswa perempuan dengan segala keterampilan yang dimiliki.

8. Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Jurusan ini lebih dominan diduduki oleh siswa perempuan. Siswa lulusan banyak dibutuhkan dalam mengelola pekerjaan yang berhubungan dengan sistem akuntansi seperti pembuat bukti transaksi, pencatat buku jurnal, pencatat buku besar umum, dan sebagainya.

9. Multimedia

Jangan salah bahwa jurusan teknik didominasi oleh siswa laki- laki. Siswa perempuan pun punya kans yang sama dalam menguasai kompetensi- kompetensi pada jurusan multimedia. Tidak jarang bahwa perempuan banyak yang ahli dan terampil dalam bidang multimedia. Bidang kerja multimedia pun saat ini juga membuka pintu lebar untuk tenaga terampil dari kalangan perempuan.

10. Perbankan Syariah

Jurusan ini sangat cocok untuk siswa perempuan dalam mengembangkan  pertumbuhan sistem berbasis syariah saat ini. Lulusan dari perbankan syariah SMK dapat membantu tugas-tugas tenaga perbankan profesional terutama tenaga akuntan syariah, operasional lembaga keuangan syariah, manajemen perbankan syariah, dan pemasaran syariah.

Demikian 10 Jurusan SMK Populer yang Cocok untuk Kaum Perempuan. Masih banyak lagi jurusan yang banyak diminati oleh siswa perempuan selain kesepuluh jurusan tersebut diatas. Banyak juga siswa perempuan yang berminat pada jurusan otomotif, grafis, animasi, listrik atau yang lainnya. yang terpenting adalah kenali bakatmu dan minatmu dari sekarang agar tidak tersesat di jurusanmu nantinya.

Semoga sukses…

Sumber tulisan : www.ahzaa.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *